Kamis, 12 Maret 2009

Pola Pariwisata Berbasis Kemasyarakatan Akan Dikembangkan

Gema Parmout – Dinas Pemuda dan Olah Raga, Budaya, Pariwisata (Disporabudpar), Kabupaten Parmout, perlu memikirkan penyediaan fasilitas infrastruktur seperti pembangunan pondokan di setiap titik pariwisata yang dimiliki Parmout. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Disporabudpar Parmout Hj Dandeng Djamrud Spd M hum, kepada wartawan pada Jumat (6/2).
Menurut Hj Dandeng, Perlunya dibangun pondokan tersebut bertujuan untuk wisatawan yang akan mendatangi obyek wisata apabila menginap.
“Kalau Cuma sekedar singgah ambil foto kita tidak bisa mengambil keuntungan yang maksimal dari kedatangan para wisatawan,” katanya.
Keuntungan lain yang dapat diraih, kata Dandeng, apabila ada pondokan yang dibangun dekat dengan titik pariwisata adalah, dapat memberikan kesempatan pada masyarakat sekitarnya untuk membuka lapangan kerja baru.
Dijelaskannya, sesuai dengan visi dan misi bupati untuk lima tahun kedepan, dimana pemerintah daerah sedang mengupayakan untuk membuka akses lapangan pekerjaan seluas-luasnya di kalangan masyarakat. Apalagi saat ini situasi perekonomian yang sulit dengan tingkat kesempatan bekerja dan peluang berusaha yang menurun serta kecenderungan bertambahnya angka pengangguran.
“Sangat diperlukan suatu tindakan nyata untuk dapat mengangkat kembali pariwisata Parmout melalui paradigma baru yakni, pengembangan pariwisata yang berbasis pada perekonomian masyarakat,” jelasnya.
Dengan pengembangan pariwisata kata Dandeng lagi, diharapkan dapat mengangkat kembali perekonomian yang berbasis pada kemampuan kemasyarakatan setempat
Karena dalam hal ini masyarakat belum sepenuhnya memahami pentingnya penyediaan pondok wisata sebagai hunian wisatawan dan disisi lainnya dapat memberi dampak positif pada peningkatan taraf hidup kesejahteraan mereka.
Olehnya, sektor pariwisata diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan pemerintah dalam mengembangkan program pariwisata berbasis masyarakat yang bersifat produktif melalui penciptaan kesempatan dan pemberdayaan masyarakat secara luas.
“Dengan demikian secara langsung sektor pariwisata mampu mendukung penciptaan ketahanan perekonomian masyarakat dalam menghadapi situasi krisis yang terjadi,” tegasnya.(frz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar