Kamis, 12 Maret 2009

Pemkab Parmout Gelar Sosialisasi Raskin

Gema Parmout - Program bantuan Beras Miskin (Raskin) diwilayah Kabupaten Parmout untuk tahun 2009 mulai disosialisasikan pemerintah setempat. Kegiatan yang tujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi Rumah Tangga Miskin ini dipusatkan di Auditoriun kantor Kantor Bupati Parmout pada Rabu (25/02).
Kepala Bagian Ekonomi Setda Parigi Moutong Drs Moh Rizal mengatakan, sosisaliasai ini dimaksudkan untuk menyatukan pemahaman terhadap program raskin khususnya dalam proses pendistribusian Raskin kepada masyarakat.
“Semua pelaksana baik ditingkat kecamatan dan desa atau kelurahan, harus satu pemahaman dalam melaksanakan program raskin ini, jika tidak maka dipastikan program ini tidak berjalan baik,” Ujar Rizal.
Dikatakannya, pada prisipnya program Raskin yang merupakan program Pemerintah Pusat ini dimaksud dapat membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dan mengurangi resiko kerawanan pangan khususnya di Kabupaten Parmout. Oleh sebab itu, Rizal berharap, pelaksanaan penyaluran raskin pada tahun ini berjalan sesuai peruntuhkannya.
Wakil Bupati Samsurizal Tombolotutu dalam sambutanya mengharapkan keberhasilan Parigi Moutong pada tahun 2008 sebagai Daerah terbaik dalam penyaluran raskin kurun waktu lima tahun dapat diwujudkan kembali pada penyaluran bantuan raskin tahun 2009, dimana sesuai surat Sekretaris Kementrian Koordinator Kementrian Bidang Kesejahteraan Rakyat tanggal 31 Desember 2008, Kabupaten Parmout tahun 2009 ini akan menerima Raskin Award atau penghargaan dari Pemerintah Pusat pada Tahun 2009.
“Saya minta tidak ada lagi pemberian raskin yang dilaksanakan secara negatif. Kita membuktikan Kabupaten Parmout tetap yang terbaik dalam penyaluran raskin. Untuk itu, saya meminta semua pihak terkait terus meningkatkan kinerja,” ujarnya.
Samsurizal menjelaskan, dalam melakukan upaya pengentasan kemiskinan, Pemda Parmout mampu menurunkan angka kemiskian yang saat ini mencapai 31 persen.
Dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, Jumlah Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Parmout Tahun 2004 adalah 27.018 KK menjadi sebesar 18.479 Rumah Tanggga Miskin. Oleh karena itu, Samsurizal berharap, angka kemiskinan ini terus menurun setiap tahunnya, dengan melibatkan peran serta seluruh kompenen masyarakat guna membantu pemerintah dalam upaya penurunkan angka kemiskianan.
“Upaya penanggulangan kemiskinan telah menjadi kebijakan prioritas pemerintah, sehingga diharapkan di kabupaten ini tidak ada lagi masyarakat miskin,” Tandas Wabup.
Ikut memberikan Sosialisasi Dan Evaluasi Program Raskin antara lain Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Parmout Drs Hairun Labatjo M.Pd, Kepala Devisi Regional Perum Bulog Provinsi Sulawesi Tengah Drs Usep Kariana, Kepala BPS Kabupaten Parigi Moutong Drs Moh Said dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Drs Kemal Toana.(Ddk/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar