Kamis, 12 Maret 2009

Desa Randommanyang Terkesan Dianak Tirikan

Belum Mendapat Perhatian Serius

Gema Matra – Desa Randommanyang, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Mamuju Utara, saat ini terkesan dianak tirikan. Pasalnya, saat ini desa tersebut hingga saat ini masih jauh tertinggal dari desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Matra.
Untuk diketahui, Desa Randommanyang adalah salah satu desa sumber material dari pembangunan di Kabupaten Matra.
“Hal ini menandakan bahwa perhatian Pemda Matra terhadap desa kami masih sangat kurang ketimbang desa-desa lainnya seperti Desa Bambalamotu dan Desa Kasoloan,” demikian antara lain diungkapkan Kades Randommanyang, Saiful Zainuddin, kepada Gema News, pekan kemarin.
Menurutnya, selama ia dilantik menjadi Kades Randommanyang, sejak awal 2007 hingga sekarang, Desa Randommanyang sangat kurang mendapat perhatian dari Pemda di bidang pembangunan Padahal, sudah seringkali kami mengajukan permohonan, namun sampai sekarang belum direalisasikan,” ungkapnya.
Saiful menjelaskan, antara lain yang harus diperhatikan Pemda di desa tersebut yaitu pembuatan Tanggul Penahan Ombak (TPO) sepanjang 1700 meter. Menurutnya, jika TPO tidak secepatnya dibuat akan mengancam keselamatan penduduk yang bermukim disepanjang pesisir pantai.
“Selain TPO, pembuatan jalan di dusun Batio dan Lompobura, sampai sekarang belum bisa dilalui,” jelasnya.
Saiful menambahkan, selain pembangunan infrastruktur seperti jalan, dibidang pendidikan pun masih belum mendapat perhatian serius dari Pemda. Menurutnya, masih ada beberapa sekolah di desa tersebut sangat membutuhkan pagar.
“Kegiatan belajar mengajar juga ada kaitannya dengan pagar sebab, konsentrasi siswa maupun guru dalam belajar mengajar tidak akan maksimal apabila ternak-ternak dengan leluasa masuk dan berkeliaran dihalaman sekolah,” katanya.
Oleh sebab itu, Saiful berharap agar Pemda Matra, bisa memberi perhatian berupa bantuan terhadap segala kekurangan yang ada di Desa Randommanyang, seperti Pembuatan TPO, Jalan, Pagar Sekolah dan bantuan rumah kumuh muallaf 25 unit.(Rsd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar