Kamis, 12 Maret 2009

Bank Dunia Siap Bantu Parmout

Terkait Program Pamsimas


Gema Parmout - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parmout) menggelar rapat kordinasi bersama Pihak Bank Dunia, tentang program Pembangunan Penyediaan Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).
Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Parmout Samsurizal Tombolotutu, digelar diruang rapat Bupati Parmout, Kamis (26/2).
Tim dari pihak Bank Dunia, Trimo Pamuji mengatakan, kedatangannya di Parmout selain ingin melihat secara langsung perkembangan program PAMSIMAS di wilayah itu, juga ingin melihat program yang telah dijalankan oleh pemerintah setempat. Menurutnya, Kabupaten Parmout merupakan salah satu kabupaten di sulteng yang mendapatkan program PAMSIMAS, dimana Selain Propinsi Sulteng, Program PAMSIMAS juga dilaksanakan di propinsi Kalimantan Tengah Dan Gorontalo.
“PAMSIMAS merupakan Program Nasional dengan kegiatan Pembangunan Sarana Air minum, Sarana Sanitasi Sekolah dan promosi Kesehatan, Pelatihan Masyarakat," ujar Primo.
Dengan program itu kata Primo Pamiji, diharapkan masyarakat menjadi terberdaya yang giliranya menciptakan kesejateraan masyarakat diwilayah tersebut, yang tentunya mendapat dukungan dari instansi terkait seprti Dinas kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum.
“Kami dari pihak Bank Dunia siap membantu Pemkab Parmout dan menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam merealisasikan Pembangunan di wilayah ini,” tandasnya.
Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengucapkan rasa terimah kasinya atas bantuan Bank Dunia kepada Pemkab Parmout. Sebab menurutnya, Dengan bantuan itu proses pembangunan di daerah ini dapat berjalan dengan baik yang giliranya dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat di kabupaten Parmout.
“Tujuh Desa sasaran terkena Program PAMSIMAS tahun Anggaran 2008 saat masih dalam proses penyelesaian yaitu Desa Marantale, Tandaigi, Lemo, Tomoli Selatan, Sidoan, Ambesia dan Desa Mepanga. Kami berharap semoga semua itu dapat selesai tepat pada waktunya sehingga cepat dirasakan masyarakat,” ujar wabup.
Samsurizal juga memintah Kepada instansi terkait yang bersentuhan langsung dengan Program PANSIMAS ini agar pemberian informasi yang akurat sehingga pembangunan di Kabupaten Parmout sesuai dengan kenyataan yang ada.(Ddk/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar