Kamis, 12 Maret 2009

Mewujudkan Masyarakat Yang Cerdas Dan Berkualitas

Gema Palu – Badan Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Daerah Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2009 ini mengangkat Visi dan Misi yakni ‘Terwujudnya Masyarakat Sulteng Yang Cerdas dan Berkualitas Serta Menjadikkan Arsip Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa’.
Kegiatan Ekspos Program tersebut di sampaikan di hadapan puluhan Media Cetak dan Elektronik di Ruang Press Room pekan kemarin.
Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Propinsi Sulteng Dra Marie Y.E Balebu M.Si mengatakan, Adapun tugas pokok dari Perpustakaan Daerah adalah melaksanakan urusan pemerintahan daerah yang berdasarkan pada azas Desentralisasi, Dekonsentrasi, dan tugas pembantuan dibidang Perpustakaan dan Arsip dan Dokumentasi.
Adapun Misi yang diemban adalah Menempatkan Badan Perpustakan Daerah sebagai pusat layanan informasi ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni dan kebudayaan serta sarana pembelajaran sepanjang hayat, Selain itu juga mengembangkan potensi sumber daya perpustakaan secara profesional dalam kerangka mendorong masyarakat belajar dan membaca, serta menjadikan Perpustakaan sebagai sarana pelestari bahan pustaka hasil budaya bangsa, memberdayakan arsip sebagai tulang punggung manajement pemerintah dan pembangunan yang akuntabilitas kinerja aparatur dan melestarikan Arsip sebagai emori kolektif dan jati diri bangsa sebagai bahan pertanggungjawaban dan alat bukti syah dipengadilan serta yang paling utama adalah menyediakan Arsip sebagai laporan tugas penelitian dan ilmu pengetahuan, pemerintahan, kemaslahatan diri dan bangsa.
Selanjutnya dikatakan, adapun fungsi Badan Perpustakaan Daerah antara lain adalah perumusan kebijakan tehnis dibidang penyelenggaraan perpustakaan, pemberian perizinan dan pelaksanaan umum dibidang pelayanan jasa perpustakaan dan penyusunan bibliografi, katalog induk daerah, bahan rujukan berupa indeks, bibliografi subjek abstrak dan literatur skunder lainnya.
Adapun Program kegiatan prioritas tahun 2009 adalah Program Pelayanan Adminisistrasi perkantoran berupa penyediaan jasa Administrasi perkantoran, Program peningkatan saran dan prasarana aparatur dan pengadaan atau pemeliharaan sarana dan prasarana aparatur. Dana alokasi yang tersedia untuk membiayai seluruh program dan kegiatan tahun 2009 sebesar Rp 5,825 milyar. Selain itu program peningkatan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) berupa pengadaan pakaian Dinas harian, sementara untuk program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur berupa pendidikan dan pelatihan formal, bimbingan tekhnis implementasi peraturan perundang-undangan.
Masih menurut Marie, program perbaikan sistem administrasi kearsipan berupa pengumpulan data yakni pengumpulan dan penerikan arsip dari Kabupaten dan Kota, pengadaan sarana penyimpanan yakni pengadaan sarana penyimpanan Arsip. Adapun kajian sistem administrasi kearsipan berupa pembinaan kearsipan di Kabupaten Poso, Banggai, Banggai Kepulauan dan Kabupaten Boul, serta pembinaan kearsipan di setiap SKPD dalam jajaran Pemda Propinsi Sulteng.(wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar