Rabu, 18 Februari 2009

Mapala Untad Akan Adakan Festival Likunggavali

Gema Parmout – Organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Galara Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako (Untad), akan melaksanakan Festival likunggavali se Asia Tenggara pada bulan April 2009 mendatang. Hal itu diungkapkan ketua panitia pelaksana kegiatan, Eka wardani, kepada media ini, Senin (9/2).
Menurut Eka, pada festival tersebut akan dilaksanakan kursus panjat tebing se Asia Tenggara yang terbagi dalam dua kelas, yakni tingkat dasar dan tingkat lanjutan.
"Kegiatan ini adalah sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan yang telah sukses dilaksanakan organisasi, seperti temu panjat se Sulawesi Tengah yang telah dilaksanakan dua kali, kejuaraan terbuka panjat tebing se Indonesia dan masih banyak lagi kegiatan lainnya," ungkap Eka.
Tujuan dilaksanakannya Festifal itu adalah untuk mengembangkan kemampuan fisik, mental dan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi pada umumnya.
Dengan adanya kegiatan itu, kata Eka, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atlit-atlit panjat tebing yang lebih profesional dengan mengutamakan keamanan prosedur dalam panjat tebing.
Selain itu, kata Eka lagi, manfaat lain dari diadakannya festifal Likunggavali adalah dapat menciptakan pemandu wisata panjat tebing yang handal.
"Kita akan menjalin kerjasama dengan baik dalam hal panjat tebing se Asia Tenggara, sehingga dapat berkembang dengan baik di Parmout," ujarnya.
Adapun sasaran dari kegiatan itu, dapat mengalihkan pola pikir generasi muda dari hal-hal yang terlarang seperti Narkoba atau obat-obatan terlarang, dengan demikian dapat mewujudkan generasi muda yang mandiri, kreatif dan cinta damai sebagai aset daerah.
Ia menambahkan, apalagi dikalangan generasi muda sekarang sudah semakin berkembang aktifitas kegiatan yang bersifat Non formal, dimana hal itu dapat berfungsi untuk membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian.
"Semua itu untuk meningkatkan daya inovasi dan kreasi serta pembentukan mental yang merupakan bagian dari pengembangan mutu SDM," ungkapnya.(frz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar