Jumat, 23 Januari 2009

TARGET PNPM

TARGET PNPM DI MATRA 2009 PADA 12 KECAMATAN.
GEMA..Seiring dengan kemajuan perkembangan berbagai sektor di Kabupaten Mamuju Utara, maka Program Nasional Pembangunan Masyarakat Mandiri yang terkenal dengan Istilah PNPM Mandiri terus mendapat perhatian serius oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, bukti keseriusan tersebut dapat kita lihat dari perkembangan cakupan pelayanan dan peningkatan alokasi dana,untuk kebupaten Mamuju Utara tahun 2009 ini direncanakan semua kecamatan mendapatkan Alokasi Dana PNPM Mandiri perdesaan yaitu Kecamatan Bambalamotu, Kecamatan Baras, Kecamatan Pasangkayu, dan Kecamatan Sarudu dengan jumlah dana kurang lebih 4 Milyar, sedangkan PNPM Persero dari dana APBN sebesar 12 Milyar yang secara khusus akan dialokasikan pada 8 Kecamatan pemekaran yaitu Kec. Dapurang, Kec. Doripoku, Pedongga, Tikke Raya, Lariang, Bulutaba, Bambaira, dan Kec. Sarjo.
Sasaran pembiayan program tersebut diharapkan pada sektor-sektor pembangunan yang benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat dan tidak menyalahi ketentuan-ketentuan peruntukannya sesuai syarat dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kerena itu pada bulan Januari tahun 2009 ini, pihak badan PMD, PP dan KB Kabupaten Mamuju Utara sedang menggelar Musyawarah Rembuk Desa di semua Desa dan Kelurahan yang Benar-benar bedampak pada perbaikan kwalitas hidup masyarakat, terutama pada penigkatan kesejahteraan masysarakat.
Selain upaya pelaksanaan musyawarah rembuk desa, pihak Badan PMD, PP dan KB Matra juga telah merancang sisterm dan mekanisme pelaksanaan PNPM sesuai Juklak dan Juknis yamg telah di tetapkan baik yang menyagkut keberadaan setrawan dan penanggung jawab kegiatan Kabupaten dan Kecamatan sehingga pengelolaan program tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai jadwal yang ditetapkan.
Menurut H. Abdul Rahman. BSE S.Ag (Kepala badan PMD, PP dan KB. Kabupaten Mamuju Utara)
“ Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menunjang keberhasilan Program PNPM ini, adalah dukungan partisipasi seluruh lapisan masyarakat setempat, baik dalam kerja gotong royong maupun dalam sosial kontrol, sehingga tidak ada pihak-pihak yang berani melakukan penyimpangan didalamnya. Hal tersebut telah ditetapkan pada segenap pengelola yang terkait di internal badan PMD, PP, dan KB Matra, karena kita semua berharap program PNPM di Matra dapat berhasil dengan baik.”
Pihaknya juga menyadari adanya segelintir pihak yang meragukan hasil musyawarah rembuk desa dalam program ini, tetapi kami yakin bahwa pemikiran dan konsep program yang lahir dari musyawarah benar-benar melibatkan seluruh lapisan masyarakat pasti menghasilkan usulan program yang bermutu. Karena itu kami optimis musyawarah rembuk desa yang di gelar kali ini oleh badan PMD, PP, dan KB Matra dengan pendekatan Peran serta seluruh lapisan masyarakat akan memberi daya ungkit terhadap keberhasilan Program PNPM kedepan. TIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar