Kamis, 29 Januari 2009

Pohon Nantu




Rustam:

Tanam 10.000 Pohon Nantu

GEMA-- Satu lagi warga Siendeng yang tinggal di Dusun Talundang, Desa Wanamukti, Kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah peduli pada lingkungan. Dia adalah Rustam, seorang petani yang punya cita-cita dan harapan untuk menghijaukan lereng-lereng bukit yang ada di Talundang.

Sama dengan Halatu yang telah merintis lebih awal penanaman pohon nantu, kini Rustam mengajak beberapa temannya untuk melakukan penanaman pohon nantu, yang mungkin saja hasilnya tidak akan diperoleh begitu cepat seperti kakao. Tapi dengan kesadaran peluang jangka panjang, iapun bersepakat dengan teman-temannya untuk menghijaukan lereng bukit Talundang, yang mereka yakini kelak saat panen kayu nantu hasilnya akan lebih besar.

Lebih dari 10.000 nantu yang kini tengah dibibit untuk penghijauan. Bahkan untuk menyukseskan usahanya yang terbilang mulia dan sadar lingkungan itu, mereka menggandeng salah satu pemegang izin pengilahan kayu (IPK) UD Alfaraya.

Yang menggembirakan kata Rustam, sebab pihak UD Alfaraya tidak hanya membantu pembibitan kayu nantu dan penanamannya, tetapi juga membantu petani dalam pengadaan bibit kakao, yang dibagi secara gratis.

Pemberian bibit kakao tersebut, urai Rustam, sebagai salah satu bentuk kontribusi pihak UD Alfaraya, terhadap pengolahan kayu nantu di wulayah Talundang.

Usaha Rustam dan kawan-kawannya itu patut direspons positif dan didukung dalam upaya pelestarian lingkungan. Bahkan kalau mungkin seperti halnya Halatu diusulkan sebagai kandidat peneriman penghargaan kalpataru dibidang pelestarian lingkungan dan penghijauan. AKBAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar