Jumat, 23 Januari 2009

IKUT KB

ANIMO MASYARAKAT MATRA IKUT KB MENINGKAT

GEMA.. Kepala Badan PMD, PP, dan KB. Kab. MATRA.

H. Abdul Rahman Bse.Sag yang ditemui diruang kerjanya (Kamis 15/1), merasa bangga karena usaha yang ditargetkan untuk menurunkan jumlah kelahiran di Wilayah Matra.

Menurut Rahman , “ Hasil Monitorinng Badan PMD, PP dan KB Matra selama melakukan pelayanan KB keliling di berbagai desa di Kabupaten Mamuju Utara, hasilnya selalu melampaui target cakupan dan sarana yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan animo masyarakat Mamuju Utara untuk ikut KB terus meningkat. Peningkatan yang segnifikan terjadi pada pelayanan peserta KB baru meliputi pemakaian alat kontrasepsi Inplan, suntikan Pil KB. Pencapaian tersebut juga memberi kontribusi terhadap peningkatan pencapaian pesertra KB aktif yang cukup menggembirakan, dimana jumlah peserta KB aktif di Mamuju Utara saat ini telah mencapai 15.430 peserta KB atau sekitar 60% dari jumlah pasangan Usia subur yang ada. Ini artinya masyarakat Mamuju Utara memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pengaturan kehamilan dalam upaya mewujudkan kesehatan Ibu dan Anak serta perbaikan kwalitas kehidupan keluarga pada kondisi yang demikian ini dibutuhkan peran pemerintah agar kwalitas kesertaan KB terus terjaga dengan baik disertai dengan perwujudan upaya peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Karena itu pihak badan PMD, PP dan KB Matra dalam tahun anggaran 2009, seluruh programnya di bidang KB akan diarahkan pada dua dimensi pencapaiannya yaitu peningkatan kwalitas pelayanan KB dan pemberdayaan keluarga Miskin ( Pra sejahtera dan Sejahtera terhadap satu ) di samping itu progran pendukung yang Akan terus dikembangkan meliputi bina keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Serta Program kemitraan lainnya dengan melibatkan Peran LSM yang ada terutama TP.PKK disemua tingkatan.

Untuk pencapaian semua saran program KB yang telah di tetapkan, tentunya membutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Dalam hal ini Pemda Matra terus memberi dukungan yang maksimal, dimana dalam waktu 3 tahun terakhir ini telah di rekrut tenaga penyuluh KB status PNS sebanyak 40 orang, pasilitas motor penyuluh dan sebagainya menjadi bukti keseriusan dukungan Pemerintah daerah Matra dalam Program KB.TIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar